Bab
VI
Pemasaran
1.
Pengertian
Pasar dan Pemasaran
·
Pengertian Pasar
Pengertian
secara sempit, pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk
melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian
secara luas, pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan
untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan untuk membeli barang
dengan harga tertentu. Atau juga pasar adalah kelompok individual (perorangan
maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya
beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
·
Pengertian Pemasaran
Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip
Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut
Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan
managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka
butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan
nilai dengan orang lain
c. Pemasaran
adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang
yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
perusahaan.
d. Menurut
W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun
pembeli potensial.
Kegiatan
pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.
Jenis-jenis
Pasar
1. Pasar Konsumen :
Sekolompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi,
bukan dijual atau diproses lebih lanjut
2. Pasar Industri :
Pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi
yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik lansung maupun tidak langsung,
dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
3.
Pasar Penjual :
Individu
dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk
mendapatkan laba
4.
Pasar Pemerintah :
Pasar
dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti : departemen, direktorat, kantor
dinas dan instansi lain.
3. Konsep-konsep Inti Pemasaran
1.
Konsep
Pemasaran
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan
pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing
2.
Konsep
produksi
Konsumen menyukai produk yang tesedia dan selaras dengan
kemampuan dan manajemen berkosentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi
3.
Konsep Produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik
serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus
produknya
4.
Konsep
Penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali
manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik
4. Manajemen
Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu
manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian
(organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran
adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan
organisasi.
5. Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah Kombinasi
dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran
perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem
distribusi.
·
Pengertian
Produk
Suatu sifat yang komplek baik dapat diraba maupun
tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan
pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yg diterima oleh pembeli untuk
memuaskan keinginan atau kebutuhan
·
Pengertian
Saluran Distribusi
Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan
dari produsen ke konsumen atau pembeli industri
·
Pengertian
Harga
Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin)
yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya
·
Pengertian
Promosi
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk
mengarahkan sesorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan
pertukaran dalam pemasaran
6. Tujuan
Sistem Pemasaran
Ada empat alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1.
Memaksimumkan
Konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang
konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmurkan
maksimum
2.
Memaksimumkan
Kepuasan konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan
kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak
mudah ; belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan
dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan,
kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki
barang tersebut.
3.
Memaksimumkan
Mutu Hidup
Memaksimumkan Mutu Hidup termasuk didalamnya
kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan
fisik; dan mutu lingkungan kultur
7. Pendekatan
dalam Mempelajari Pemasaran
·
Pendekatan Seba Fungsi
Dari
apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan,
penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading,
pengumpulan informasi pasar
·
Pendekatan
Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam
pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb
·
Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat
dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
·
Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi
Industri)
Studi
tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau
konsumen industri
·
Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi, manajemen, produk, dan lembaga
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar